15
Jan

2019 Tahun Disiplin Santri Al-kasyaf

Disiplin adalah suatu sikaf yang harus dimiliki oleh seluruh manusia, sangat penting sekali apabila kita mempunyai sikap disiplin karena akan membuat orang lain lebih memberikan kepercayaan bagi kita. Banyak sekali manfaat ketika kita berdisiplin, yaitu membuat kita lebih patuh terhadap aturan-aturan di sekitar kita, membuat kita lebih tertib, dan menjadikan kita bermental tangguh dan tidak mudah menyerah.

Disiplin dalam islam adalah suatu ketaatan umat kepada Allah, dan Rosul-Nya. Seperti kepada aturan-aturan Islam yang telah di berikan oleh Allah dan Rosul. Didalam Al-Qur’an Surat An-nisa ayat 59 disebutkan, bahwasannya:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ ۖ فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.”(Q.S.An-Nisa:59)

Maka dari itu kita sebagai umat muslim, diwajibkan untuk berdisiplin dengan bentuk taat kepada Allah dan Rosul-Nya, baik itu disiplin waktu ataupun disiplin yang lainnya.

Di tahun 2019 ini, Pesantren Al-Kasyaf mewajibkan seluruh santri-santrinya untuk berdisiplin, baik itu dalam segi kerapihan, waktu, program, dan keamanan.