07
Nov

Budidaya Pertanian Hidroponik, PPYD Al Kasyaf..” Pacu santri tak sekedar pintar mengaji”

Written By: Bu Cristyanti | 6 Nov 2018

Siang itu, para santri yatim dhuafa Al-Kasyaf nampak semangat mengikuti pemamparan materi Hidroponik yang dibawakan oleh Kang Fey dari Komunitas Hidroponik Bandung pada kegiatan Pelatihan Hidroponik, Grown Your Own Healthy Food.

Hidroponik sendiri merupakan teknik menanam tanaman dengan menggunakan air tanpa media tanah dan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.
Kebutuhan air pada hidroponik pun lebih sedikit daripada kebutuhan air melalui media tanah. sehingga lebih efisien dan cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Asep Wahyudin, Kepala Madrasah PPYD Al Kasyaf mengungkapkan melalui kegiatan edukasi ini, diharapkan memacu para santri yatim dhuafa Al Kasyaf untuk menguasai teknologi khususnya di bidang pertanian, mengingat kini begitu langkanya Tenaga Profesional di Bidang Pertanian yang seharusnya bisa mengolah dan menghasilkan kebutuhan pangan yang bergizi.

Asep pun sangat mengapresiasi santri yatim dhuafa alkasyaf dalam menyerap ilmu baru yang diajarkan. Mereka tampak serius, dan mengikuti arahan dari para instruktur yang mengajarkan. Rencananya, mereka akan belajar membuat media hidroponik sendiri, dan merawatnya setiap hari. Asep juga menuturkan melalui budidaya hidroponik menumbuhkan jiwa kemandirian para santri yatim dhuafa Al-Kasyaf.

Kini, di Pesantren Yatim Dhuafa Al-Kasyaf sedang dibuat tempat bercocok tanam Hidroponik. Yang merupakan wakaf dari donatur. Semoga ini bisa terus bertambah dan tentunya menjadi media untuk para santri belajar dan bekarya. Amiin….”